Thursday 9 October 2008

Pertolongan Pertama Luka bakar

Beberapa hari yang lalu teman dari Azka mengalami luka bakar akibat tersiram air panas, disekitar pergelangan tangan. Tidak lebar tapi ada beberapa bagian yang kelihatannya cukup parah sehinggah terlihat luka berwarna putih dan cukup dalam. Sebenarnya saya juga teringat pengalaman diri pribadi yang terkena knalpot sepeda motor beberapa tahun lalu dan juga putra salah satu teman yang tersiram air panas dengan luka bakar cukup lebar. Tapi Alhamdulillah mereka semua sudah dalam kondisi baik saat ini.
menginggat akan hal itu maka saya share dalam betuk tulisan semoga beberapa hal yang penting untuk mengatasi luka bakar kita semua bisa tahu, informasi ini saya ambil dari beberapa sumber

Luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam. Pada luka bakar dalam biasanya kulit sudah berubah warna menjadi putih dan bentuknya dan terasa tidak sakit. Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit biasanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan rasanya sakit sekali. Maka yang harus Anda lakukan adalah:

1. Begitu terkena benda atau cairan panas langsung singkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin jangan sampai benda atau cairan panas itu mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit Anda.

2. Segera basuh luka dengan air dingin. Kira-kira selama 15 menit atau lebih sampai luka terlihat lebih baik. Hal ini untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat. Kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit.

3. Anda sering melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan odol? Mulai sekarang jangan lakukan hal tersebut. Hindari odol, mentega atau salep apapun karena salah-salah luka Anda akan makin parah. Air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.

4. Segeralah periksakan luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Jika Anda terinfeksi bakteri, setelah mengalami luka tersebut Anda akan demam, radang dan luka Anda mengeluarkan nanah.

5. Luka bakar yang cukup serius sebaiknya langsung Anda bawa saja ke dokter atau rumah sakit. Karena bisa-bisa jaringan kulit Anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Secepatnya Anda harus mendapatkan perawatan intensif.
( sumber http://indoforum.org)

Beberapa obat yang bisa dijadikan bahan rujukan :

1. Lidah Buaya adalah penyembuh luka bakar yang paling cepat, tidak ada yang dapat menandinginya, dan juga paling efektif terhadap kulit.

Lidah buaya memiliki 75 bahan kimia yang secara total hanya 1% dari sisanya yang merupakan air. Bahan-bahan kimia tersebut tidak dapat berdiri sendiri dan harus dipakai secara bersama-sama. Paling baik dan efektif adalah memakai Lidah Buaya yang masih segar karena setelah dipatahkan lidah buaya akan teroksidasi. Secara keseluruhan, Lidah Buaya akan memberikan efek anti-panas/anti-luka bakar, anti-bakteri di kulit dan melembabkan kulit sehinga kulit akan lebih tidak gatal dan tidak infeksi. ( sumber http://akuinginhujau.wordpress.com)

2. Bioplacenton adalah sejenis jelly steril yg tersedia di apotik yg berguna utk memebrikan lapisan pelindung permukaan kulit/untuk luka bakar ringan.
karena steril, melindungi, maka kerja perbaikan jaringan bisa diharapakan lebih baik dibanding dibiarkan. (sumber http://www.medisiana.com)

3. Menggunakan kompresan dg minyak gosok yg cap tawon Jaya buatan makasar, dg tutup yg berwarna merah.
Taroh terus keep basah dg minyak tersebut, sampai nyerinya hilang, n pada umunya akan kembali seperti semuala, kalau ybs tdk ada bakat keloid. karena komposisinya ada unsur cortison likely n itu membantu perbaikan jaringan setempat. ( sumber http://www.medisiana.com)

4. MEBO dari combiphar resep beberapa dokter.

5. Salep Burnazin mengandung bahan aktif antibiotik (sumber http://www.dunia-ibu.org)

6. Mengoleskan Franch OIL NH* setelah semua prosedur awal tersebut dilakukan…, krn Franch Oil NH* adalah obat tradisional serbaguna yang telah di teliti secara ilmiah oleh Prof.Dr.CS.Syamala Devi,M.Sc, Ph.D di Dept. Biochemistry dan Molecular Biology - Madras University - tentunya telah melalui uji BPOM RI. Saat ini Franch Oil NH* mendapatkan banyak dukunhgan dari berbagai praktisi medis di tanah air, akhir januari 2008 akan tersedia disemua jaringan farmasi CENTURY, Alfamart, Kimia Farma, dan apotik2 terkenal di kota2 besar seluruh indonesia, silahkan melihat : http://www.franchworld.com atau http://franchoil.adisma-groups.co.id - (dr.Budie by www.rosyidi.com)

7. Diolesi Ag Sulfat untuk luka bakar berat - (dr prayudi by www.rosyidi.com)

8. Madu, dari penelitian ilmuwan di Australia dikatakan bahwa madu memberi efek penyembuhan lebih cepat dibanding obat herbal lainnya ( sumber www.detik.com )

1 comment:

Harmaya, MD said...

Kulit yg sudah berwarna putih biasanya sudah masuk kategori luka bakar derajad 2.Penyembuhannya jg lebih lama dibanding luka bakar yg kemerahan,sekitar 2 minggu.