Friday 12 December 2008

Trip # 1 Dhow trip to Shafaliyah Island - Qatar

Sekitar bualan November dari kantor suami mengadakan family gathering tujuannya adalah Shafaliyah Island by Dhow. O..ya Dhow adalah sejenis kapal arab dengan satu sail besar yang berbentuk segitiga ( menurut Oxford Dictionary ).

Sabtu pagi sekitar pukul 10.00 semua orang sudah mulai berkumpul di Port dekat Museum Of Islamic Arts di Corniche Doha. Semua mobil diparkir di Port lalu kita melanjutkan perjalanan by Dhow menuju Shafaliyah Island. Kira kira ada 4 Dhow yang akan menuju ke sana dengan penumpang satu Dhow sekitar 20 -25 orang. Dhow sendiri cukup nyaman untuk ukuran perjalan yang menempuh waktu kurang lebih satu jam, dilengkapai toilet yang lumayan bersih juga ruangan bagian tengah Dhow yang masih luas. Plus makanan khas Timur Tengah.

Selama perjalanan kita bisa menyaksikan keindahan kota Doha dari sisi laut menuju arah Pearl tapi lebih ketengah lagi. Laut yang berwarna hijau tua yang memikat dengan ikan yang kadang terlihat disekitar dhow. Semakin lama Kota Doha semakin tidak terlihat yang ada hanya deretan pulau berpasir putih juga bekas bekas pembangunan yang masih belum selesai. Setelah kurang lebih satu jam akhirnya Shafaliyah Island sudah mulai terlihat. karena Dhow yang lumayan besar dan juga laut yang mulai dangkal maka , Dhow akhirnya berlabuh tidak sampai tepi pulau, lalu kita melanjutkan perjalanan by perahu boat kecil yang muat maksimal 10 orang menuju daratan.

Kondisi Shafaliyah Island sendiri gersang seperti padang pasir ditepi pantai, dengan pasir dan airnya yang masih natural . jenis pasirnya agak besar dan banyak rumah kerang, sehinggah cukup membuat kaki sakit jika hendak betelanjang kaki. Ada beberapa kanopi dari kayu yang sudah mulai rusak berjajar sepanjang pantai. hari itu cuaca cukup mendukung untuk aktifitas outdoor walaupun agak panas dikit. Aneka permainan mulai dari speedboat, kite, game for kids, banana boat,dsb. Tentu saja masih sama makanan khas Timur Tengah yang lumayan membuat perut cepet kenyang, dan favourite saya aneka salad khas Timur Tengah.

Setelah puas bermain dan makan sekitar pukul 15.00 kita bersiap untuk pulang menuju Doha. Selesailah trip #1 by Dhow to Shafaliyah Island.

1 comment:

Anonymous said...

wew, iedul adha dirayakan dgn ramai yak di Doha. nice info. salam kenal Bunda....