Friday 12 December 2008

Trip # 2 Dukhan - Qatar


Menjelang Ied Adha kemarin kita beberapa temen Indonesia mengadakan perjalanan menuju Dukhan. kali ini perjalanan diikuti sekitar 8 keluarga. Dukhan sendiri jika di peta berada di tepi laut Qatar sebelah barat berseberangan dengan Arab Saudi juga Bahrain. dengan jarak sekitar 90 km dari Doha.

Perjalanan dimulai sekitar pukul 08.00 waktu Doha , arah Dukhan. Kita pertama menuju ke kebun binatang pribadi Mohamed Al-Dosaris Park & Natural tepatnya di Shaneniya. Ditempat ini kita bisa menyaksikan lingkungan yang masih original dengan beberapa pohon yang cukup rindang juga berbagai jenis hewan mulai dari deers, ostriches, doves, sheeps from others country, dalmation, ducks, fox, dog. Pokoknya seru buat education & refreshing anak2 juga keluarga. Pengelolah taman inipun sangat ramah dan welcome pada kita sampai pemiliknya guide kita keliling separuh taman. Sebenarnya pada hari tertentu ada ride camel, pony horse.
Setelah puas melihat koleksi binatang hidup maka kita kemudian masuk menuju rumah utama dimana didalamnya terdapat koleksi binatang yang sudah dimumikan. Mereka berada pada tiap ruangan yang berbeda sesuai dengan pengelompokan jenis binatangnya. Ruangan pertama berisi mumi berbagai jenis birds seperti eagle, peacok, ostriches,dsb. ruangan kedua berisi mumi berbagai jenis binatang darat & pengerat seperti deers, sheep, rabbit,dsb. Terakhir ruangan berisi mumi hewan yang hidup di air, seperti ikan pari, crocodile, ikan gabus, dsb.

Setelah puas dari mohamed Al-Dosaris Park & natural kita melanjutkan perjalanan menuju Dukhan yaitu tepatnya Zekreet, kota tua juga benteng benteng tua. jalan menuju tempat tersebut cukup jauh dengan medan berupa tebing dan batu yang tajam, bukan berupa gurun pasir. Tapi mendekati tempat tujuan sepanjang jalan kita bisa menikmati tebing terjal yang sudah terkikis dimana disisi sisi atasnya taupun disebelahnya masih ada peninggalan benteng atau rumah lama berbentuk tabung yang terbuat dari batu. Serasa berada di kehidupan beberapa puluh tahun yang lalu. Setelah berfoto kita melanjutkan menuju kota tua. yang satu ini tidak kalah menariknya. sebuah situs bangunan kota tua yang masih terjaga. terlihat sekali merupakan peninggalan yang memiliki tingkat peradaban yang lumayan tinggi. Terlihat dari lingkungan yang tertata begitu detail. mulai dari tembok yang cukup tinggi mengelilingi seluruh bangunan didalamnya, lalu akses dua pintu masuk dengan dua tower pengintai didepana dan dibelakang kota tepat diatas pintu gerbang utama. Ditengah kota ada beberapa bangunan yang saya kira mungkin dulu adalah sebuah toko atau pasar, disekitar ada beberapa bangunan rumah tinggal untuk beberapa keluarga, tidak lupa sebuah Masjid sebagai tempat beribadah. Material yang digunakan masih tetap sama yaitu tumpukan batu tapi cukup solid untuk sebuah komplek kota a zaman itu. sebuah jejak sejarah yang sangat sayang jika dilewatkan.

Setelah puas berfoto dan menyempatkan sholat dhuhur & ashar di Masjid baru kita melanjutkan perjalannan terakhir menuju pantai di Zekreet Dukhan. pantai dengan pasir yang cukup lembut untuk kaki telanjang dan air yang begitu biru & jernih. Ombak relatif kecil, tenang suasananya .Benar - benar tempat yang nyaman untuk camping sambil berbarbeque. setelah selesai makan makan dan anak2 main , kita bersiap pulang kembali ke Doha.

Selesailah trip # 2 ke Moh Al-Dosaris Park & Natural juga Zekreet.

No comments: