Monday 7 April 2008

Sekolah impian ku


Sekolah impian itu yang sedang saya cari. Mungkin banyak yang melatar belakanginya. Terutama pengalaman pribadi , yaitu sulitnya mencari sekolah berkwalitas tapi terjangkau, jenuh dengan pola atau sistem pendidikan yang hanya mementingkan aspek kognitif saja, banyak pengetahuan sedikit praktek di kehidupan riil, anak yang pandai berhitung sampai jutaan tapi tidak faham apa itu mengantri, mengucap salam , mengucap terimah kasih, dan hal hal kecil lainnya yang sering terlewatkan karena dianggap biasa saja.

Dalam beberapa buku pendidikan , psikologi pendidikan, ataupun tayangan televisi , selain sedikit pengalaman di dunia pendidikan yang pernah saya dengar, baca ataupun lihat dan praktekan. Pada dasarnya anak anak usia sekolah dasar paling menyukai gaya belajar yang fun learning, aktif learning. Bermain sambil belajar, mengexplore lingkungan sekitar sambil belajar, dsb. Meminjam kata kata Bapak komarudin hidayat bahwa pendidikan harus manusiawi, menjadikan manusia yang berjiwa merdeka.

Sekolah i
mpianku adalah tempat aktifitas anak anak diluar ( alam , pasar, supermarket, dsb) dan didalam gedung., tempat mereka belajar life skill dasar, bagaimana mereka belajar mengerti dirinya dan orang lain dan lingkungannya. Diantaranya adalah pada mata pelajaran agama dan budi pekerti mereka belajar akidah , akhlak, tokoh tokoh panutan. Dalam bentuk audio, visual, game, cerita, tugas membaca di internet, koran,dsb, membuat klipping, diskusi, pentas drama, pentas puisi. Bakti sosial, sholat berjamah, sedikit dalam bentuk ceramah ataupun hafalan. Sedangkan pada mata pelajaran matematika, ilmu alam, sosial, history , sport, bahasa , art, mereka akan belajar dalam bentuk game, explore alam sekitar, praktek di lapangan ( pasar, kantor pemerintahan, kebun binatang dsb). Wawancara orang orang tertentu, membuat klipping, diskusi, pentas drama, pentas puisi, kelas cooking, painting, lab computer, bakti sosial, outbond dan sedikit hafalan atau ceramah. Mungkin satu lagi impian saya adalah ingin sekolah berkualitas tapi bisa dinikmati semua lapisan masyarakat. Suatu saat semoga semua itu bisa terealisasi. Amin...(foto di blog hasil karya Pak Jalu Zahwa Doha , thanks ).

No comments: