Sunday 9 November 2008

Craft fair pertama di Doha

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 4 November 2008 saya mengikuti Craft fair yang diadakan oleh salah satu organisasi expat women International di Doha. Sebagai salah satu vendor yang menjual sekaligus memperkenalkan produk Indonesia yaitu natural bags dan juga perhiasan assesoris wanita seperti necklace, ring, earing, bracelet, brooch yang saya buat sendiri

Dengan persiapan yang cukup dari beberapa bulan yang lalu , akhirnya datang email dari Tuesday Ladies group untuk ikut sebagai vendor di acara craft fair. Barang sudah saya kirim dari Indonesia beberapa hari sebelumnya , natural bags secara umum materialnya adalah pandan rope, agel, grasssea, dll. Sedangkan untuk perhiasan asesoris materialnya berupa pearls, mother of pearls, gemstone, glassbeads, imitation pearls, dll. Untuk yang satu ini saya khusus membuat sendiri dengan cara banyak melihat dan membaca buku buku tentang pembuatan manik manik, ya...masih pemula sekali masih harus banyak belajar.


Sebelum hari H banyak temen yang kasih masukkan seperti mesti nyiapin brosur, perlengkapan display, uang kembalian, sampai tas plastik untuk tempat barang bagi pembeli. Bagi pemula seperti saya display masih sangat simple, misalkan untuk asesoris wanita saya cuma memakai kotak yang tidak terlaluh dalam yang dialasi kain dengan warna yang kontras, juga menggunakan gelas kristal mulut lebar untuk menggantung earing, sedang untuk necklace sebagian saya gantung dengan hanger duduk untuk peralatan dapur dari bahan stainles yang masih baru. wah pokoknya seru ....ibaratnya tidak ada rotan akarpun jadi, yang penting dispaly barang masih tetap cantik.

Barang sudah siap tinggal bikin brosur, wah ini agak repot idealnya kan pakai kartu nama berhubung belum tau tempat bikin kartu nama akhirnya dengan dibantu anak anak saya dan juga suami bikin brosur memakai microsoft publiser. Lumayanlah sudah cukup membatu untuk sebuah publikasi awal.

Akhirnya hari H pun tiba, tepatnya selasa pagi jam 07.00 kita sudah meluncur menuju tempat craft fair di Ramada Plaza. Bersama anak anak yang kebetulan libur sekolah kita nikmati bazaar pertama di Doha. Pertama datang Alisoon sekretaris dari TLG sudah dengan ramahnya membantu saya untuk registrasi. Kebetulan saya dapat meja di tempat yang cukup strategis, para vendor yang lainpun sudah mulai berdatangan dan mempersiapan display barangnya, ada yang dari Canada, Amerika, Norwegia, india, jepang, Malaysia dan tentu saja saya dari Indonesia walaupun kebanyakkan vendor dari Eropa, Amerika dan India. Sekitar pukul 09.00 para tamu sudah mulai berdatangan kebanyakkan dari Eropa, Amerika dan India, sebagian kecil Fhilipina dan sekitar 5 - 7 orang dari Indonesia.

Barang saya Alhamdulillah cukup diminati, tapi yang penting kata suami cari network yang lebih luas nggak masalah barang didiskon agak banyak. Ha..ha...ha....ini agak berat bagi saya tapi akhirnya saya lakukan juga., yang penting nggak rugi rugi amat. Sempat kenalan dengan beberapa teman dari Norwegia dan Canada walaupun dengan bahasa Inggris yang pas pasan. Sejauh ini semua lancar...thanks untuk Suami, Eyang, anak2 saya Azka, Alma, Aida dan juga teman di compound atas doa dan dukungannya. Semua ini membuat semangat dan hidup lebih berwarna lagi. Oya untuk brosur dan barang bisa lihat di blog saya http://alma-naturalhome.blogspot.com sedang untuk foto2nya menyusul .

No comments: